Pidato Acara Peringatan Hari Kartini


Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang saya hormati Bapak Drs. H. Waris Santosa, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 20
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru
Yang tercinta teman-teman serta hadirin yang berbahagia
            Bapak/Ibu dan teman-teman yang berbahagia, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmatnyalah kita semua dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat di acara Peringatan hari kelahiran Ibu Kartini pada tanggal 21 April. Tadak lupa marilah kita sejenak bersyukur dan berdoa semoga arwah ibu kita Kartini mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan sesuai dengan amal perbuatannya.
Sebagaimana kita ketahui, acara yang kita selenggarakan ini adalah untuk mengenang
Akan  jasa-jasa Ibu Kartini, seorang wanita yang hidup di awal abad 19, yang memperjuangkan kesamaan hak bagi kaum wanita Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan terlepas dari aturan-aturan adat- istiadat pada masa itu. Hari ini kurang lebih sudah seratus tahun  masa Ibu Kartini, kita melihat keindahan hasil perjuangan beliau. Sekarang banyak, kaum wanita Indonesia, memperoleh kesempatan yang luas untuk dapat melangkah maju ke depan, mengembangkan diri, bahu-membahu, ambil bagian dalam  kancah pembangunan bangsa Indonesia. Alhamdulillah cita-cita para leluhur pejuang emansipasi sudah terwujud, yang contohnya sudah banyak pemimpin-pemimpin lembaga-lembaga negara yang wanita, di Indonesia sendiri pernah memiliki Presiden RI wanita yang tidak lain adalah putri presiden kita pertama Ir. Soekarno yaitu Ibu Megawati Sukarno Putri. Keberadaan kita semua di SMPN 20 ini tentunya tidak lepas dari upaya pengembangan diri, sebagai pelajar-pelajar berprestasi.
            Bahkan dalam kehidupan sekarang ini telah terpatri suatu sikap, khususnya sikap para Ibu, sikap para remaja dan pemudi perempuan, yang mencerminkan cita-cita luhur Ibu Kartini. Sebagai wanita yang tentu tidak bisa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan, apalagi sebagai wanita yang dibesarkan dalam tata cara adat ketimuran dimana wanita adalah lambang keluwesan, kelembutan, keindahan dan kesopanan. Maka sekarangkian tampak bahwa dalam mendudukkan dirinya sebagai sesama pejuang bangsa, telah dapat menempatkan diri wanita Indonesia sebagai pejuang yang tidak ingin dikatakan nomor dua terhadap para kaum laki-laki. Itulah sikap tegas kaum wanita yang secara langsung mencerminkan keluhuran cita-cita Ibu Kartini. Sikap itu juga memperlihatkan betapa hak azasi manusia Indonesia ini sangat diperhatikan. Terlebih hak wanita dalam menempatkan diri ikut serta membangun nusa dan bangsa Indonesia. Tidaklah berlebihan kiranya jika wanita sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki. Bahkan di desa kita ini telah banyak wanita yang kedudukannya malah lebih tinggi dari sebagian kaum laki-lakinya. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita khususnya kaum wanita benar-benar telah menyadari betapa pentingnya peranan dan kemampuan wanita dalam menegakkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Hari Kartini senantiasa kita peringati setiap tahun. Namun hendaknya janganlah pada saat-saat peringatan ini saja kita menampilkan hasil karya dan cipta kaum wanita. Namun lebih daripada itu, mudah-mudahan setiap hari, setiap masa wanita Indonesia, tetap berjuang dan tetap bercitra, sebagai bangsa yang harum namanya. Semoga Tuhan senantiasa meridhoi kita, khususnya para wanita Indonesia dalam menegakkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga kaum wanita bertambah jaya, bertambah perkasa dalam menjaga nama besar bangsa, negara, masyarakat, dan jangan lupa, semoga tetap jaya dalam menjaga nama baik keluarga. Tapi perjuangan cita-cita Ibu Kartini belum sepenuhnya berhasil. Masih banyak wanita-wanita Indonesia yang perlu kita perjuangkan nasibnya. Masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita. Oleh sebab itu, marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud dengan sempurna.
Ibu-ibu dan bapak-bapak yang saya hormati serta adik-adik yang saya cintai, kami atas nama Ketua OSIS SMPN 20, bahagia sekali, bahwa Peringatan Hari Kartini kali ini juga
menjadi kesempatan bagi kami untuk memperluas hubungan silaturahmi dengan berbagai pihak. Dan pada kesempatan ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Drs. H. Waris Santosa, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 20 yang ikut berpartisipasi dalam acara ini, tidak lupa Bapak/Ibu guru yang juga memberi ide-ide untuk membuat acara ini menjadi semakin
meriah. Terimakasih juga saya sampaikan kepada segenap Petugas OSIS yang tak mungkin saya sebutkan satu-persatu namanya, terima kasih atas segala bantuan dan dukungannya, baik dari awal
hingga pelaksanaan acara ini.
Hadirin sekalian yang berbahagia, saya selaku Ketua OSIS SMPN 20 MALANG berharap semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menghibur kita semua.
Demikian sambutan dari saya, mudah-mudahan ada manfaatnya. Tidak lupa saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tutur kata saya yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian.

Wasalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter